Membuat Aplikasi Manajemen Reseller Toko Online

Aplikasi Manajemen Reseller - Satu minggu sebelum saya membuat aplikasi Ensiklopedia Indonesia (Baca: Membuat Aplikasi Ensiklopedia Indonesia). Saya membuat aplikasi khusus manajemen reseller berbasis semi MLM.

Aplikasi ini bertujuan untuk memanajemen reseller (masa' seeehhh). Maksud saya memanajemen member di website toko online, atau lebih tepatnya marketplace yang akan saya bangun namun disini berbasis semi MLM (multilevel marketing). Prosesnya tidak begitu mudah, karena saya harus belajar dulu tentang sistem informasi manajemen karyawan dan akuntansi artinya saya harus berhubungan dengan orang akuntansi dan manajemen bisnis kalau mau mudah. Namun hal itu tidak pernah terjadi sampai detik ini karena memang belum ketemu sama orang nya.

Pembuatan Aplikasi Manajemen Anggota Web

Dengan kata lain aplikasi tersebut yaitu Aplikasi Manajemen Anggota yang bergabung di dalam Web kita dan melakukan penjualan atas barang yang kita jual.

Perangkat yang digunakan masih standard, yaitu xampp, php, dan kawan-kawan. Dengan beberapa Fitur seperti: input order, input retur, detail report untuk admin dan user, form register reseller baru, form login khusus admin/customer service dan reseller/member, dll. lebih lengkap nya lihat beserta screenshot interface di bawah:

Saran: untuk melihat gambar lebih jalas, silahkan klik pada gambar. karena gambar asli yang saya upload dengan ukuran yang sangat besar sehingga anda bisa melihat secara detail. Atau klik kanan dan open new tab saja pada gambarnya.

Halaman Depan: hanya berupa form searching seperti halaman depan google. namun yang di input hanya berupa ID
Aplikasi Manajemen Reseller Halaman depan
Halaman Preview Report. Dimana reseller bisa melihat laporan hasil kerja terakhirnya dalam 1hari, 1minggu, dan satu bulan. Jika ingin melihat lebih detail, dia harus login terlebih dahulu

Aplikasi Manajemen Reseller Preview Report

Halaman Login Khusus User: sebenarnya ada gambar di atas kolom username, namun saya buang karena gambarnya sama persis seperti gambar login ke akun google, yang kepala orang warna biru itu lho
Aplikasi Manajemen Reseller Halaman Login

Halaman Utama Admin User: (simpel banget, ini halaman admin apa halaman not found)
Aplikasi Manajemen Reseller Halaman depan User

Halaman Order Details. Nah detailnya tadi bisa di lihat disini. berdasarkan range tanggal yang di tentukan sendiri. Jadi kan enak tuh dia mau lihat sehari yang lalu, sebulan yang lalu, atau 10 tahun yang lalu.
Aplikasi Manajemen Reseller Order User

Halaman View Biodata adalah halaman yang menampilkan biodata si user. Yah sebelas duabelas kayak profile facebook lah. biar bisa gaya dikit kalo pas di lihat sama gebetan.

Aplikasi Manajemen Reseller Detail profile User

Menu List Reseller biar bisa melihat sudah sebanyak apa reseller di bawah dia. Kalo istilah dunia MLM itu namanya Downline


Aplikasi Manajemen Reseller list reseller

Sekarang kita masuk ke dunia Admin

Admin disini bisa Upline Leader, Customer Admin, Atau Karyawan khusus yang di pekerjakan untuk mengurus semua per-memberan ini. Bisnis Modelnya simpel, namun semua kebutuhan nya saya pikir sudah "dapet". bukannya sebuah aplikasi yang di bilang bagus adalah aplikasi yang semakin sederhana tapi semua kebutuhan/masalah dapat teratasi? Mari kita gerayangi..

Ini halaman utamanya. Skrinsut dibawah berdasarkan studi kasus setelah si admin melakukan pencarian berdasarkan nomor telpon si member. nomor telpnya yaitu 088blablabla
Aplikasi Manajemen Reseller Halaman depan Admin

Fitur Input Order Reseller maupun Non-reseller. Dibagi menjadi dua kategori yang di dalam aplikasi saya namakan reseller dan end-user. Studi kasusnya yaitu: Setelah melakukan pencarian stok di gudang untuk orderan "Sepatu Kaca" dengan nama "Cobain" yang mempunyai ID nomor 3 yang membeli 2 pasang sepatu. (buset panjang)

Aplikasi Manajemen Reseller Input Order

Fitur Input Retur dari Reseller/Downline. Dimana Si "Cobain" melakukan retur atas sepatu kaca yang dibelinya sehari yang lalu (pada tgl8)

Aplikasi Manajemen Reseller Input Retur

Lanjut ke halaman profile user yaitu si "Cobain". Disana saya menyertakan info data order dari si "Cobain" yang bisa di lihat berdasarkan range tanggal.

Aplikasi Manajemen Reseller data order dan biodata user

Halaman Complete Report dari semua Member

Aplikasi Manajemen Reseller Complete Report

Halaman List Semua Produk yang ada di gudang

Aplikasi Manajemen Reseller List Semua Produk

Terakhir halaman register. Halaman register disini menggunakan metode Link Referral, dimana Untuk masuk ke halaman ini secara valid harus melalui link referral yang sudah di dapatkan oleh member. Style nya menggunakan langkah-langkah/step dalam melakukan pendaftaran, karena form yang terlalu panjang takut memberatkan loading di server, pastinya tidak enak ya kalo loading web terlalu lama.
Aplikasi Manajemen Reseller Register form

Oke, cukup sekian sharing pembuatan Aplikasi Manajemen Reseller Toko Online menggunakan sistem semi MLM.

Kesimpulan

Aplikasi ini masih jauh dari sempurna, karena sistem yang di bangun hanya berdasarkan analisis pengalaman teman, ketabat, maupun dari buku-buku pembelajaran. Pastinya kebutuhan akan selalu bertambah seiring waktu bisnis yang berjalan. Jika ada yang tidak masuk di dalam screenshot berarti saya lupa memasukannya, karena hari sudah begitu malam dan sudah pasti efek ngantuk, tolong di koreksi. Selain Aplikasi Manajemen Reseller Toko Online, saya juga "iseng" membuat: Aplikasi Searching Angkot di Bandung untuk konsumsi sendiri

0 comments:

Post a Comment