Membuat Aplikasi Ensiklopedia Indonesia

Berapa hari yang lalu saya berniat membuat Aplikasi Ensiklopedia Indonesia yang awalnya karena asik main game kuis tentang indonesia di android. Game android tentang indonesia itu sebenarnya standard sekali sama seperti yang lain, cuma menebak ibukota provinsi, nama kota di provinsi, nama bandara di indonesia, nama pelabuhan laut, hingga nomor plat kendaraan bermotor di tiap daerah.

Karena saya merasa belum punya aplikasi yang membahas tentang indonesia jadi sudah saatnya saya memuaskan nafsu untuk mempunyai sebuah aplikasi indonesia supaya semakin pintar akan pengetahuan tentang indonesia.

Fenomena di Indonesia

Dalam beberapa tahun ini saya banyak sekali melakukan survey berupa pertanyaan-pertanyaan iseng yang di layangkan kepada teman-teman yang berasal dari berbagai provinsi di indonesia, juga tidak lupa bertanya kepada adiknya teman yang masih SD, SMP, atau SMA mengenai pengetahuan mereka tentang indonesia.

Baca Juga: Artikel Ini Untuk Yang Belum Pernah Jadi Orang Kaya

Dan ternyata miris sekali, mereka masih kental dengan FAHAM KEDAERAHAN. Yaitu mereka tidak kenal atau bahkan tidak mau kenal dengan daerah indonesia di tempat selain mereka di lahirkan. Saya kurang tau apa penyebabnya, apakah mereka di sekolah tidak di ajarkan pelajaran geografi daerah-daerah di indonesia, sejarah masa lampau indonesia, atau memupuk jiwa nasionalisme melalui pendidikan kewarganegaraan.

Jangan-jangan pelajaran bahasa indonesia juga cuma pelajaran yang biasa-biasa aja, lalu mereka lebih mengajarkan bahasa daerah mereka, atau bahasa G40L kaum 4LaY yang di influens oleh anak-anak di ibukota dan kota-kota besar.
  • Bagaimana kita bisa menciptakan masyarakat yang nasionalis kalo begini.
  • Bagaimana kita bisa mewujudkan semangat bhinneka tunggal ika kalo begini.
  • Bagaimana kita bisa bersaing dengan pasar bebas kalo begini.
  • Bagaimana kita bisa bertahan ketika di jajah oleh pengaruh budaya asing kalo begini.
  • Bagaimana kita bisa bersatu kalo begini.

Pembuatan Aplikasi Ensiklopedia Indonesia

Aplikasi nya sederhana, maklum cuma dibuat dalam waktu 3 jam. Berbasis web dan dengan pengetahuan coding yang "biasa-biasa saja". Masih banyak bugs dan yang pasti masih untuk konsumsi sendiri.

Aplikasi dibuat dengan:

- Database MySql
- Bahasa Pemrograman PHP 5
- Server Apache
- Adobe Dreamweaver CS5
- CSS Framework Bootstrap 3
- Adobe Photoshop CS3
- Kopi Hitam + R*kok Kretek (indonesia banget)

Interface nya seperti ini gan:


Login Admin nya:


Jika peta-nya di klik maka akan tampil preview petanya dalam skala yang sangat besar. Detail banget dari kota sampai desa, juga danau, gunung, sungai, jalan provinsi, jalan daerah, hingga tempat wisata. Oh iya source petanya saya unduh dari web bakosurtanal.

Ini menu nya: Belum di kasih icon di sebelahnya, jadi kurang cantik

Ini Peta Indonesia secara menyeluruh dari menu Lihat Peta, tiap provinsi bisa di klik yang di dalam nya menampilkan hasil berupa gambar detail peta:


Ini tabel di menu lihat kota: saya bikin berupa tabel supaya mudah di hapalkan, namun warna tabel nya belum saya rubah menjadi warna warni berdasarkan kategori Pulau, supaya jauh lebih mudah lagi di hapalkan. itu pake konsep Mind Mapping nya Tony Buzan


Yang terakhir tabel provinsi. Tuh kolom nama bandara, nama pelabuhan, dan nama gunung masih kosong. hahaa



Proses pembuatan Aplikasi Ensiklopedia Indonesia ini sebenarnya tidak begitu lama, namun yang bikin lama adalah mengumpulkan data-datanya. Maklum yang namanya data/informasi itu sangatlah mahal. Karena waktu saya googling saya tidak menemukan database mysql negara indonesia secara lengkap dan terintegrasi antara satu tabel ke tabel lainnya. Kalaupun ada mungkin harus bayar lagi ya, biasalah "permainan".

baca juga: Katanya ini Website Untuk Orang Kreatif

Kesimpulan

Ini aplikasi yang sangat jelek sekali. Tapi yang penting pesannya dapet, semua bisa merasakan manfaatnya. Jika saya hosting secara online akan jadi sangat berguna walaupun pesaing dengan fitur dan interface yang lebih bagus mungkin bertebaran di internet.

Oke sampai disitu saja sharing nya tentang pembuatan Aplikasi Ensiklopedia Indonesia berbasis Web, insyaallah kalo ada waktu akan di lanjutkan menjadi aplikasi Android, biar enak di liatnya sambil baring-baring, atau sambil dibawa kemana-mana. Manurut kamu apa lagi yang perlu saya tambahin dari aplikasi diatas?

0 comments:

Post a Comment