Selamat Datang di ERA KONSEPTUAL

gambar era konseptual

Ada yang tau tentang Era Konseptual? atau masih sekedar pernah mendengar sekilas tentang Era Konseptual. Oke artikel ini akan membahas secara panjang lebar mengenai Era Konseptual.

Pentingnya Mengenal Era Konseptual


Era Konseptual adalah Era ke-empat setelah terjadinya tiga era yang sebelumnya pernah di jalani dalam sejarah peradaban umat manusia. Dimana sadar atau tidak, era/zaman ini membentuk suatu pola yang dapat menentukan gaya hidup dan kesuksesan manusia dalam menjalankan hidupnya. Karena sangat miris sekali jika ada orang yang sampai hari ini masih belum sadar akan pola yang terjadi dalam perputaran roda dunia saat ini.

Baca: Artikel Ini Untuk Yang Belum Pernah Jadi Orang Kaya

Beberapa tahapan era/zaman


mengenal pengertian tentang era konseptual

Daniel H.Pink dalam bukunya yang berjudul "A Whole New Mind" menceritakan 4 macam era yang sudah dilalui dalam peradaban umat manusia, apa saja era yang di maksud:

1. Era Agraris
Era ini terjadi sebelum adanya peradaban "manusia menggunakan mesin", dimana pada era ini orang yang disebut kaya adalah orang yang mempunyai tanah yang banyak, perkebunan yang luas, atau peternakan yang cukup besar. Pada Era ini sering kita dengar istilah "Tuan Tanah" yaitu para penguasa tanah yang disebut-sebut sebagai orang sukses tersebut.

2. Era Industri
Era Industri di tandai dengan di temukannya "Mesin Uap" oleh James Watt. Setelah itu bermunculan pabrik-pabrik yang memproduksi bahan mentah menjadi barang jadi. Pada Era ini orang berlomba-lomba untuk mencari nafkah melalui bekerja di pabrik, atau setidaknya bekerja kepada orang lain untuk mendapatkan upah/gaji.

era industri dan era konseptual

Efek dari Era Industri ini masa terasa sangat kental sekali di dalam kehidupan bermasyarakat kita hingga saat ini, dimana orang-orang masih berlomba-lomba mencari pekerjaan untuk mendapatkan keamanan finansial dalam hidupnya. Petuah yang paling sering di dengar yaitu:

"..Nak, sekolah lah yang rajin dan pintar supaya mendapatkan nilai terbaik di bangku sekolah, karena jika lulus kamu akan mendapatkan pekerjaan yang bagus dan kedudukan yang tinggi di perusahaan/kantor"

"..kamu harus punya titel, supaya bisa menjadi PNS. dan hidupmu akan aman dengan tunjangan dana pensiun"

Apakah ada yang salah dengan kalimat di atas? nanti kita bahas, sabaar..

3. Era Informasi
Era Informasi adalah era yang di tandai dengan menyebarnya internet. Orang yang kaya di era ini adalah "orang yang mampu dan dapat menebar informasi sebanyak mungkin". Bisnis Jaringan dan Sosial Media adalah salah satu produk dari Era Informasi ini.

4. ERA KONSEPTUAL
Era Terbaru yang sedang kita alami saat ini tanpa kita sadari adalah merupakan Era Konsptual. Era Konseptual tercipta karena banyaknya pilihan-pilihan sehingga orang-orang cepat bosan akan hal tersebut. Misalnya: Toko Online, berapa banyak Toko Online yang bertebaran akhir-akhir ini. Lalu bisnis makanan ringan seperti keripik, berapa banyak keripik yang di tawarkan saat ini. Sehingga banyak orang merasakan kejenuhan karena banyak nya pilihan-pilihan tersebut.

Era Konseptual adalah Era yang menuntut KREATIVITAS, "Soft Skill", Era Konseptual adalah ERA OTAK KANAN (Conceptual Era / Imagination Age). Dimana hal yang tadinya menimbulkan kejenuhan dimata masyarakat, bisa muncul ke permukaan diantara barang sejenis yang lain. Sehingga Toko Online atau Usaha Keripik tersebut haruslah di kreasikan se-kreatif mungkin agar dapat bersaing di pasar bisnis. Sebagai gambaran anda bisa membaca artikel ini: Ide Membuat Judul Web Untuk Mencari Uang Secara Instant



Pernahkah anda menyaksikan fenomena seorang anak muda berpenghasilan ribuan dollar perbulan hanya dengan membuat video tutorial di youtube, sementara orang tua anda bertahun-tahun kerja di sebuah perusahaan/kantor hanya berpenghasilan untuk biaya makan sehari-hari saja? itulah untungnya jika kita mengetahui dan membaca bahwa sekarang eranya sudah berubah. Ingat, binatang purba punah karena dia tidak mengikuti perubahan zaman.

Kesimpulan


Lalu apa yang salah jika kita masih menggunakan konsep era yang lama?
Sebenarnya tidak ada yang salah, hanya kita perlu sedikit berkreasi (era konseptual lagi nih kreasi) dengan kehidupan yang sudah kita jalani sekarang.

Bagi saya sekolah memang penting, tapi hanyalah pilihan jika anda mempunyai dana lebih. Jika benar-benar tidak mampu untuk menempuh jalur pendidikan formal, ada baiknya anda sekolah secara non-formal, jangan tenggelam dalam kesedihan meratapi nasib atau protes kepada pemerintah bahwa anda tidak bisa sekolah seperti orang kebanyakan.

Dalam pendidikan Sekolah formal, anda hanya akan mendapatkan cara belajar yang teratur karena sudah disusun sesuai alurnya, selebihnya untuk mendapatkan semangat belajar saja. Namun jika anda mampu melakukan nya sendiri kenapa tidak. Ilmu bisa di dapatkan bukan hanya dari bangku sekolah, sekarang internet sudah murah, anda bisa melihat dunia melalui internet. Jangan internet buat sosmed doank, itu katro :P

Bahkan bagi yang sudah sekolah pun saya pikir belum cukup jika anda ingin menyeimbangkan diri dalam era konseptual, karena sistem pendidikan kita masih mengarahkan para siswa nya untuk "sekolah mendapatkan nilai yang tinggi agar mudah mendapatkan pekerjaan". Jika anda sekarang masih sekolah, ada baiknya untuk aktif mencari ilmu diluar bangku sekolah. Ingat, ERA KONSEPTUAL ADALAH ERA OTAK KANAN, anda di tuntut untuk kreatif supaya dapat bertahan hidup.

Itulah sedikit penjelasan yang bisa disampaikan tentang pengertian era konseptual menurut pemikiran saya, bagaimana menurut anda?

0 comments:

Post a Comment