Apa Fitur dan Keunggulan Bootstrap 4 Alpha?

Kaget Bootstrap Rilis Versi terbarunya yaitu versi 4 Alpha. Berawal dari jalan-jalan ingin melihat komponen warna hex disain dari web resmi bootstrap untuk memodifikasi template blog Armin Martajasa ini ternyata saya di kejutkan oleh tulisan Aww yeah, Bootstrap 4 is coming!. Wah jadi penasaran apa saja fitur terbaru dari bootstrap versi 4 Alpha ini.


Bootstrap adalah framework CSS waktu zaman awal mengenal dunia framework CSS sekitar tahun 2012 waktu masih bekerja sebagai web designer di sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Kota Bandung. Waktu itu framework CSS masih sangatlah sedikit, bahkan seingat saya Bootstrap masih belum banyak di pakai indonesia, bahkan trend web responsive saat itu masih belum di kenal luas seperti sekarang ini. Waktu itu saya masih menggunakan Framework CSS dari Jerman bernama YAML. Jika ingin melihat lihat silahkan akses di web resminya: www.yaml.de

Fitur Baru & Keunggulan Bootstrap 4 Alpha

Namun untuk di ketahui bahwa rilis Bootstrap 4 Alpha ini sebenarnya sudah pada tanggal 19 Agustus 2015. Tanggal tersebut sebenarnya adalah tanggal ulang tahun mereka yang ke-empat. Selamat buat Bootstrap.

Karena mereka membuat versi terbaru, pastinya ada donk perubahan yang di lakukan di dalamnya. Apa saja fitur Baru Bootstrap 4? walaupun tidak semua fitur baru bootstap 4 saya bahas, namun setidaknya ada beberapa unggulan fitur baru yang menjadi unggulan, yaitu:

  • Proses kompilasi Bootstrap kini lebih cepat karena menggunakan Libsaas.
  • Peningkatan sistem grid untuk berbagai device mobile.
  • Dukungan Opt-in flexbox yang dapat beralih dengan variabel boolean dan grid berbasis flexbox ini dapat dikompilasi ulang sesuai dengan sistem dan komponen yang diinginkan.
  • Card merupakan salah komponen terbaru dalam Bootstrap 4 yang dapat digunakan sebagai thumbnail dan panel.
  • Dapat melakukan reboot ketika Normalize.css berhenti, hal tersebut berguna untuk mereset ulang komponen seperti box-sizing: border-box, margin, dan berbagai file Sass lainnya.
  • Opsi kustomisasi baru, termasuk gradient, transition, shadows, dan stylesheet v3.
  • Dukungan untuk IE8 dihapus dan diganti dengan dukungan unti rem dan em. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari peretasan via CSS. Sedangkan untuk Pixel pada unit rem dan em berguna untuk membuat tipografi dan komponen yang responsif.
  • Plugin JavaScript telah dimutakhirkan dengan versi ES6. Hal ini dimaksudkan untuk mengambil keuntungan dari peningkatan JavaScript terbaru.
  • Peningkatan auto-placement untuk tooltip dan popovers.
  • Peningkatan dokumentasi juga dilakukan pengembang Bootstrap dan didalamnya ditambahkan contoh-contoh penggunaan terbaru.
Jika ingin membaca dokumentasinya secara lengkap, langsung saja menuju Artikel perilisan bootstrap 4 Alpha dari Blog bootstrap disini

0 comments:

Post a Comment