Mari Berkenalan Dengan Smart Building

Apa itu Smart Building? Mungkin sebagian dari penggiat teknologi sudah sering mendengar tentang Smart Building ini, namun sangatlah awam jika kita kurang akrab dengan dunia teknologi saat ini. Hal ini mungkin disebabkan cabang dari smart building yang tergolong luas. Pada artikel ini mari kita bahas lebih singkat dasar dari smart building dengan harapan bisa lebih mudah di pahami.

smart building indonesia adalah

Penjelasan tentang Smart Building

Smart Building atau yang biasa juga disebut dengan Intelligent Building System (IBS) adalah:
konsep bangunan pintar dimana konsep ini menggunakan sistem otomatisasi yang dinamakan Building Automation System (BAS). Sistem otomatisasi pada Smart Building mengacu pada penggunaan teknologi informasi dan komputer untuk mengendalikan peralatan yang berada di dalam bangunan tersebut.
Smart building adalah sebuah konsep yang memadupadankan desain arsitektur, desain interior dan mekanikal elektrikal agar dapat memberi kecepatan gerak/mobilitas serta kemudahan kontrol juga akses dari arah mana pun dan waktu kapanpun dalam hal otomatisasi dimana semua aktifitas yang terjadi pada sebuah bangunan atau gedung dapat terjadi tanpa adanya interverensi manusia didalamnya, dalam artian biarpun tidak ada orang didalamnya maka bangunan ini akan menjalankan perintah sesuai dengan program yang telah kita buat dan kita tanamkan pada otak bangunan itu.

Mengapa Smart Building ?

Dari data yang di lansir dari halaman IBM Smarter Buildings Overview Dewan Sains dan Teknologi Nasional Amerika Serikat memperkirakan bahwa bangunan komersial dan residensial mengkonsumsi sepertiga energi di dunia. Di Amerika Utara misalnya, 72 persen dari pembangkit listrik, 12 persen dari penggunaan air, dan 60 persen dari limbah non-industri. Mempertimbangkan fakta lain. Jika trend energi digunakan di seluruh dunia terus menerus, sebuah bangunan akan menjadi konsumen terbesar energi global pada tahun 2025-keatas.

Sektor Energi Smart Building

Terdapat 9 sektor energi yang akan di jadikan target efisiensi dari sistem manajemen Smart Building seperti pada gambar dibawah ini:
Pengertian Smart Building adalah
9 Sektor Energi Smart Building

Sembilan sektor energi tersebut yang sebenarnya bisa dihubungkan satu sama lain menjadi suatu bentuk sistem bangunan pintar merupakan satu hal yang belum banyak di pikirkan pada konsep bangunan yang ada di negara indonesia.

Itulah penjelasan singkat saya mengenai Smart Building, artikel ini adalah rangkuman dari banyak sumber yang saya pakai dan lebih banyak menggunakan sumber dari IBM. Sebenarnya artikel ini adalah landasan teori dari Bab 2 Skripsi saya (Baca: Membuat Mainan Anak Kecil: Arduino RFID PHP) yang tidak di pakai, daripada di hapus lebih baik saya sharing ke blog ini, lumayan bisa berbagi kepada teman yang membutuhkan info tentang Smart Building.

Jika masih kurang puas dengan penjelasan diatas, langsung saja tonton video tentang smart building dari AMX di bawah ini:


3 comments:

  1. informasi bagus bang... saya juga menulis tentang smart building di web saya http://www.barokongnetwork.com/2016/06/konsep-teknologi-smart-building.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tertarik dengan smart building untuk dijadikan bahan tesis saya, apakah bisa share?

      Delete
    2. bisa banget mas. ilmu ini buat pengetahuan kita semua kok :)

      Delete