Apa Sih Teknologi Smart Parking Itu? Ini Jawabannya

smart parking indonesia adalah

Smart Parking adalah bagian dari Internet dimana dalam hal ini sensor akan berkomunikasi dengan perangkat remote melalui internet dan berbagi informasi dengan menggunakan protokol komunikasi yang telah ditetapkan. Definisi tersebut bukan mengarang sendiri lho, tapi dari Papernya Prof. Jog Yatin, Anuja Sajeev, Shreyas Vidwans, dan Chandradeep Mallick yang berjudul "Understanding Smart and Automated Parking Technology"

Tidak jauh berbeda dengan sistem pengendalian lainnya yang ada pada Sistem Smart Building yang sudah kita bahas kemarin. Dimana konsep smart building merupakan perangkat fasilitas gedung yang bisa di kontrol secara otomatis dan terpusat dengan menggunakan perangkat komputer dan sistem teknologi informasi untuk dapat mengendalikan peralatan yang berada pada sebuah bangunan maka Teknologi Smart Parking juga pada dasarnya menggunakan metode yang sama dalam pengoperasiannya, hanya mungkin sedikit berbeda dalam beberapa perangkat yang digunakan dan fungsi yang akan di capai.

3 Kategori Smart Parking

Smart Parking merupakan sistem parkir otomatis yang berfokus pada Monitoring dan Keamanan Akses Parkir. Terdapat 3 kategori Jangkauan Sistem Smart Parking, yaitu :
  • Sistem Hak Akses Parkir
  • Sistem Manajemen Lot Parkir
  • dan Sistem Mnajemen Pembayaran Parkir
Di Indonesia sendiri jarang di bahas mengenai Teknologi Smart Parking ini, terbukti dengan kita mencari di google atau search engine lainnya. semua materi tentang smart parking ini telah di ambil oleh perusahaan bisnis swasta. Paling anda harus mencari dari digilib kampus berupa e-book/PDF dan itupun biasanya tidak di tampilkan secara lengkap, karena hanya untuk kebutuhan pendidikan saja, dan belum di terapkan untuk di pelajari secara umum.

Semoga artikel tentang smart parking ini dapat sedikit memberi pencerahan kepada anda yang sedang mempelajari tentang Teknologi Smart Parking.

1 comments: