7 Fitur Yang Harus diperhatikan Sebelum Membeli HP Android

Fitur Penting HP Android

Kadang-kadang ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan sebelum membeli HP Android. Baik itu dari segi fiturnya maupun menyesuaikan budget yang kita miliki. Lain cerita kalau budget kita 10 juta keatas. Namun handphone mahal juga belum tentu memenuhi keinginan kita, selalu ada saja faktor yang bikin kita kurang puas terhadap fiturnya. Karena sebuah perusahaan handphone tidak mungkin membuat spesifikasi handphone yang di produksi nya menjadi sangat sempurna, anda perlu tahu itu ! Tugas kita hanya menyesuaikan dengan kebutuhan kita saja.

Petunjuk Penting Sebelum Membeli HP Android

Sering sekali kita mendengar pertanyaan baik dari orang lain ataupun kita bertanya kepada diri sendiri seperti ini:
  • Handphone nya bisa apa aja?
  • Uang saya cuma segini, apa bisa beli yang bagus?
  • HP Android Yang bagus tu sepeti apa sih?
  • Orang-orang banyak pake yang mana?
Berikut merupakan catatan saya kalo mau beli HP Android/Main Requirements untuk fitur yang diperlukan yaitu:
..karena sebuah perusahaan handphone tidak mungkin membuat spesifikasi handphone yang di produksi nya menjadi sangat sempurna!

1. Ada kamera depan, Pixel minimal 2 MP (dilengkapi LED Flash)
Yang ini buat selfie nih, bukan gue seneng selfie. Kan kadang banyak temen yang pinjam buat selfie-selfiean atau sekedar buat foto dari layar depan biar nggak keliatan jelek hasilnya.

2. Memori internal minimal > 4-8 GB
Ini perlu, soalnya ane pernah beli yang memori internalnya dibawah 4GB alhasil mau install aplikasi-aplikasi penting jadinya terbatas. Pengalaman waktu nginstalin temen yang memori internalnya dibawah 4GB. Jadi dia itu perlu sama aplikasi BBM, FB, Cleaner, WA, Twitter. Karena memori internal yang terbatas, akhirnya dia cuma bisa nginstall BBM sama Cleaner aja, sisanya cuma impian !

3. RAM Minimal 2 GB
RAM Kecil juga sangat menentukan bagi kenyamanan penggunaan smartphone. Masih ingat kan era blackberry lagi booming di Indonesia? Apa yang orang keluhkan selain baterai? yaitu Loading alias Lemot. RAM dengan spesifikasi tinggi memungkinkan sebuah Smartphone dapat melakukan multi-tasking dengan jumlah yang banyak tanpa lemot.

4. Baterai Li-Ion diatas 2000 mAh (tidak buat nge-Game)
Kalau nggak hobi nge-Game kayak gue, baterai Li-Ion diatas 2000 mAh juga udah cukup. Kalo hobi nge-Game biasanya baterai akan cepat habis dan panas, lama-lama bunting deh tu baterai, mau loe bertanggung-jawab?

5. Minimal OS Android 4.0 Kitkat
Kalo ini cuman dari pribadi gue aja. Soalnya android 4.0 kan belum jadul-jadul amat. Kalo bisa mah lollipop atau marshmallow sekalian. Emang ada ya yang harga dibawah 2 juta?

6. Dual SIM
Orang indonesia banget sudah pesti perlu dual SIM. Yang satu buat kartu pribadi dan yang satunya lagi buat kartu internetan (habis kuota langsung buang), atau buat selingkuh? Intinya Dual SIM untuk penghematan. Biaya nelpon, SMS, dan Internetan di tiap provider berbeda-beda.

7. Kalo bisa ada Gorilla Glass buat pelindung layar
Gorilla Glass = Gorilla yang terbuat dari kaca. Lumayan buat ngaca kalau permukaan layar handphone nya masih licin dan mengkilap tanpa goresan. Apalagi buat disakuin di celana jeans, jadi aman tanpa goresan.

Petunjuk eksplorasi/googling Sebelum Membeli HP Android

Jika tidak mempunyai budget yang cukup banyak, alias punya duit hanya dibawah 2 juta hasil eksplorasi saya hari ini yaitu jatuh kepada 2 handphone yaitu:

- Acer Liquid Z500
- Xiaomi Redmi Note LTE

Ini bukan promosi ya, cuma sharing hasil yang saya cari. Saya eksplore dengan Keyword:
"Harga HP Android dibawah 2 juta" dan "HP Android RAM 2 GB dibawah 2 juta"

Setelah mendapatkan hasil dari pencarian, cari lagi kekurangan dan kelebihan handphone tersebut. Contoh dibawah adalah hasil eksplorasi saya.

FYI: jangan cari hanya di satu sumber, karena tidak semua blogger itu benar, ada yang sekedar mencari target visitor untuk mendapatkan hasil dari iklan google adsense nya.

Sumber Eksplorasi:
7 HP Android Ram 2GB Murah Meriah Desember 2015
(Xiaomi nomor 3, Acer nomor 6):
https://www.detekno.com/hp-android-ram-2gb-murah/

Review Acer Liquid Z500:
http://infohandphone.com/kelebihan-dan-kekurangan-acer-liquid-z500-phablet-android-selfie-quad-core/

http://www.tabloidpulsa.co.id/review/18938-review-acer-liquid-z500-ponsel-selfie-audio-kualitas-tinggi

http://infohandphone.com/kelebihan-dan-kekurangan-acer-liquid-z500-phablet-android-selfie-quad-core/

Review Xiaomi Redmi Note LTE:
http://ulashape.com/harga-xiaomi-redmi-note-4g/

https://id.techinasia.com/review-smartphone-android-xiaomi-redmi-note-4g/

Sekian tips yang harus diperhatikan Sebelum Membeli HP Android, tips ini selalu berhubungan dengan Fitur dan Budget/kondisi keuangan yang kamu miliki.

0 comments:

Post a Comment