Pembekalan ESQ sebelum wisuda

Pembekalan ESQ sebelum wisuda

Pembekalan ESQ sebelum wisuda - Tidur jam 01.15 adalah kebiasaan pada beberapa hari sebelumnya karena malam itu penasaran ingin menyelesaikan aplikasi web buat Admin SPJ (Surat Perjalanan Dinas) lalu harus bangun subuh jam 04.30 untuk menghadiri acara pembekalan ESQ di kampus pada jam 07.00. Semua peristiwa yang akan diceritakan ini terjadi pada hari selasa tgl 19 April 2016. Pagi hari jam 06.40 di jemput oleh nyonya Rey yang super bageur di kosan lalu kita sempat melahap selembar roti sandwich sisa pengobatan malamnya karena saya kena pilek (hampir demam dan paeh).

Di kampus menyaksikan pemandangan yang berbeda dari biasanya karena yang ngumpul sekarang para calon wisudawan dari semua fakultas. Maklum kampus Pasundan itu mempunyai banyak fakultas yang lokasinya terpisah-pisah, jadi gitu deh kalo udah ngumpul jadinya saling lirik sana-sini. Pas ke kantin cari aqua ketemu teman seperjuangan waktu KP dan TA yaitu putera ambon manise, lalu kita ngopi sebentar bari ngudut se-bat.

Acaranya molor waktu sejam, maklum indonesia (terlalu nyaman dengan kebiasaan buruk).

Sesi Pertama ESQ untuk Pembekalan Wisudawan

Sesi pertama dari pagi hingga jam 12 siang. Di dalamnya ada pemahaman materi ESQ dan seperti biasa yang namanya acara bersifat humaniora seperti seminar self development lainnya yaitu terdapat positive brainwash. Sesi ini dibawakan oleh Bp.Yendra Rahmat yang merupakan murid dari mahaguru ESQ yaitu Bp. DR. (HC) Ary Ginanjar Agustian. Pada sesi pertama ESQ ini yang saya dapatkan yaitu:
  1. Pentingnya Attitude (Sikap). Sikap yang membuat orang disukai dan berhasil dalam hidupnya.
  2. ESQ merupakan gabungan dari IQ (intellectual quotient) -> Think, Brain, Smartest. EQ Emotionalquotient) -> Attitude, Feel, Empathy, Human Relation, etc. SQ (spiritual quotient) -> Godness, Pray, Spiritual.
  3. Kampus Unpas mempunyai Moto yang pas dengan ESQ sistem yaitu Pengkuh Agamana (SQ), Luhung Elmuna (IQ), Jembar Budayana (EQ).
  4. Kebenaran Al Qur'an yang analisa menurut ilmu alam, yaitu penciptaan alam semesta. Menggali teori Big Bang dan teori-teori sebelumnya tentang penciptaan alam semesta. Dan ternyata jauh sebelum Stephen Hawkings menyatakan bahwa Alam semesta ini tercipta dari peristiwa yang disebut BIG BANG, ayat Allah di dalam Alqur'an sudah memberitahu hal tersebut. Saya lupa ayat yang mana tapi ini amazing, ribuan tahun sebelum masehi parapeneliti berusaha mencari penyebab alam semesta terbentuk dan alam semesta yang super luas ini sebenarnya seperi apa sih. Nah semua itu ternyata sudah ada jawabannya di dalam Al Qur'an jauuuhhh sebelum lahirnya seorang stephen Hawkings. Amazing ya..
istirahat selama 1 jam buat makan siang ( pake KFC -> makanan KAPITALIS !! ), karena teman seangkatan gue cuma si rey jadinya lebih akrab sama do'i, pas istirahat sempat popotoan buat kenangan mungkin ya sebelum ninggalin kampus.

Reysista Mutia Dewi

Sesi Kedua ESQ untuk Pembekalan Wisudawan

Sesi kedua setelah istirahat lalu dilanjutkan sama pembekalan untuk pendalaman makna pentingnya SERTIFIKASI (sekalian promosi dikit) yang dibawakan oleh Dr.Ir. Fauzi Hasan MM.,MBA.,MPM.,ASCA., CWM dari American Academy. yang saya tangkap dari sesi ini yaitu:
  1. Sertifikasi membuat kita mempunyai nilai lebih dalam bersaing di dalam dunia kerja.
  2. Sertifikasi bisa mengubah jalur hidup kita. Misal kita sekarang dibidang teknik, dengan mempunyai sertifikasi di bidang manajemen maka kita di perhitungkan dalam bersaing dengan orang-orang manajemen.
  3. Kata doi yang terbaik itu sertifikat dibidang manajemen proyek yaitu MPM (Master Project Manager), jadi ntar gue kudu punya sertifikat ini nih, lagian gue juga niat jadi PM (Project Manager) di konsultan IT , hehee.
  4. Sertifikasi yang bagus itu yang di akui dunia, biar kita bisa bekerja dimanapun: diluar negeri, di perusahaan asing yang berada di dalam negeri, atau di perusahaan dalam negeri.
  5. Bersaing di Era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) dimana musimnya para pencari kerja dari luar indonesia berlomba-lomba bekerja di indonesia dan mengambil lahan pekerjaan orang indonesia asli, karena secara kompetensi lebih bisa di andalkan. Nah jika kita sudah mempunyai sertifikasi tersebut maka kita bisa (balas dendam) bekerja kemana saja, keluar negeri atau dalam negeri atau di perusahaan asing yang ada di dalam negeri, Very Powerfull !!
  6. Maaf hari gini ijazah tamatan S1 nggak terlalu diperhitungkan, karena sudah banyak sekali tamatan S1 di indonesia. Untuk bisa di perhitungkan kita harus mempunyai VALUES yaitu nilai lebih dalam bersaing.

Sesi Ketiga ESQ untuk Pembekalan Wisudawan

Sesi ketiga setelah sesi sertifikasi, yang juga dibawakan oleh Bp.Yendra, dan pada sesi ini yang saya dapatkan adalah:
  1. Mengapa ada orang yang disukai? mengapa seorang cewek suka sama cowok tertentu dan tidak kepada cowok-cowok yang lain? mengapa kita selalu rindu kepada orang tua kita? mengapa kita menyukai orang yang baik hati? mengapa Nabi Muhammad sangat-sangat disukai dan jadi orang peringkat pertama paling berpengaruh di dunia? karena orang-orang tersebut DEKAT DENGAN ALLAH. Karena Allah maha segalanya. Maha baik, Maha Pengampun, Maha Maha Maha segalanya, silahkan lihat di Asmaul Husna. Logikanya begini: jika kita kangen dengan orang tersebut karena dia baik, karena orang tersebut "dekat dengan Allah" yang Maha Baik. Jika kita suka dengan orang tersebut karena kejujurannya, karena orang tersebut "dekat dengan Allah" yang Maha Jujur.
  2. Si trainer dengan KEYAKINAN yang sangat sangat YAKIN berkata seperti ini: "..suatu saat PASTI ada salah satu atau beberapa dari peserta training disini yang akan mengharumkan nama indonesia dan mengubah dunia !, Lihat wajah saya, saya tidak main-main. Saya tidak bercanda, saya sangat yakin ini pasti terjadi !!". Dan gue dalam hati mulai "BaPer", kayaknya gue nih salah satunya, hahahahaa ngarep lu coeg !!
  3. Menjelaskan tentang Zero Mind Process yang belum selesai, cuma sampai "kepentingan". yang PASTI akan saya cari sendiri karena saya sadar betapa penting kita mengetahui Zero Mind Process.
  4. Zero Mind Process
  5. Cerita tentang udin dan asep yaitu seorang tukang batu bata yang beberapa tahun kemudian si udin masih dengan pekerjaan nya sebagai tukang batu bata dan si asep menjadi orang yang kaya raya (sukses) karena si udin dalam bekerja selalu memikirkan tentang uang unag uang dan uang, sedangkan si asep memikirkan visi, cita-cita, dreams saat menyusun batu bata. Ketika ditanya "..kamu sedang ngapain?" lalu di udin menjawab: "..saya sedang membangun rumah", sedangkan si asep menjawab: "..saya sedang membangun istana !"
  6. Jika hidup semata-mata hanya mengejar uang maka anda "tidak akan pernah mendapatkan kebahagiaan". Jadi hidup ini tujuan utamanya sebenarnya dengan mencari kebahagiaan. Jalani hidup ini atas nama tuhan mu, lakukan sesuai perintah agama, maka uang dan kebahagiaan akan kamu dapatkan. Kaya tanpa agama itu kayak hidupnya para koruptor, mobilnya lamborghini sih tapi dia tidak bahagia. Jadi pejabat atau jenderal yang mem-beking para preman besar di pasar-pasar maupun tempat parkir namun hidupnya panas, selalu saja ada godaan. Rakus sudah pasti, wanita-wanita pasti mendekati (karena kaya - cewe matre NORAK !!), keluarga berantakan, narkoba pasti sering banget, lalu parno dan serasa di kejar-kejar polisi. ah pokona mah kumplit !!
  7. Cerita tentang pak Ary (gurunya pa yendra) yang usaha mulai dari jualan jeans dengan omset Rp.5000 (lima ribu rupiah) per hari, lalu kurang puas dan meningkatkan omsetnya jadi Rp.50.000/hari, lalu meningkat meningkat dan meningkat jadi Rp.50.000.000 dan seterusnya dalam satu hari. Namun semua harta yang sudah di kumpulkan tersebut "habis tanpa sisa" pada saat indonesia mengalami Krisis Moneter pada tahun 1998, dan beliau terpukul banget lalu mendekat kepada Allah, dan mulai membangun lagi usahanya dari NOL BANGET, lalu sekarang sukses besar hingga bisa membangun gedung bertingkat puluhan lantai. Dari situ beliau sadar bahwa tidak akan ada habisnya jika kita hidup hanya mengejar harta dan kekayaan, itu semua bisa musnah dalam sekejap jika tuhan berkehendak. Maka harus dibarengi campur tangan tuhan di dalamnya. Tidak mungkin, dan sangat sangat tidak mungkin ada orang kaya bahkan para konglomerat sekalipun didunia ini yang tidak beriman kepada tuhannya. Contoh bill gates dengan yayasan nya yaitu Mellinda Gates.
  8. Terdapat 3 kunci sukses dari si trainer yaitu: Keyakinan, Sikap Mental Positif, dan Imajinasi.
  9. Visi mereka kayaknya (yang paling disebutin sama om trainer) yaitu: MEMBANGUN INDONESIA !!

Sesi terakhir yaitu bagi-bagi seragam wisuda

Begitu beres sesi ketiga, para peserta bersiap-siap mengambil Toga dan sertifikat ESQ. Lalu saya menyempatkan menghampiri sang trainer dan meminta buku ESQ yang tadinya beliau kasih untuk reward saja. Untuk jurusan saya lokasi pengambilan baju toga ditempatkan di fakultas seni musik. Karena nomor undian (nomor kursi) wisuda saya 155 jadinya menunggu agak lama. Hujan lebay banget hari itu. Oh hujan, berarti ada berkah nih !?

Pembekalan ESQ wisuda unpas

Pembekalan ESQ wisuda

Akhir Kata

Artikel ini diketik dan dipublish bukan buat dibaca oleh orang lain, karena isinya yaitu curhat ego saya biar kedepannya saya masih ingat pentingnya ESQ dan buat saya ini momentum yang mengingatkan lagi kepada kurang lebih 12 tahun silam ( -+ 2004-2008) kegiatan seperti ini yang sangat sering saya ikuti. Tapi kalau memang bermanfaat buat anda ya silahkan, bagus banget. Dan maaf jika ada kata-kata yang salah atau kurang sopan, maklum ini blog pribadi yang bicara jujur sejujur-jujurnya. Dan mohon dikoreksi jika memang terdapat kata-kata yang kurang pantas, saya akan edit isinya. Okay !?

0 comments:

Post a Comment