Cewek Matre Dalam Pandangan Islam

cewek matre artinya inggris islam

Cewek matre apa sih artinya? apa sih efeknya jika seorang cewek mendapatkan cewek matre? apa sih bagus dan jeleknya cewek matre? itu pertanyaan saya waktu awal-awal ngerti susahnya mencari uang dan susahnya mencari cewek baik-baik :D Walaupun sebagian dari teman disini ada yang sudah mengetahui, tidak ada salahnya saya coba perkenalkan lagi tentang cewek matre tersebut. Oh iya esensi cewek matre ini sebenarnya sudah saya bahas lho di artikel ini: Hidup sewajarnya tapi tetap berjuang

Pengertian Cewek Matre dan dalam bahasa inggris

Cewek Matre. Matre berasal dari kata materi atau materialistis yang arti menurut kamus besar bahasa indonesia adalah:

    materi1/ma·te·ri/ /matéri/

  • benda; bahan; segala sesuatu yang tampak: bantuan berupa --
  • sesuatu yang menjadi bahan (untuk diujikan, dipikirkan, dibicarakan, dikarangkan, dan sebagainya): orang yang menyusun soal ujian harus tahu -- nya
Rada kurang nyambung yah, namun jika kita telusuri dengan kata materialistis, maka arti menurut KBBI adalah:
materialistis/ma·te·ri·a·lis·tis/ /matérialistis/ a bersifat kebendaan; mengenai benda: harapannya tidak didasarkan atas keinginan yang -- , melainkan karena rasa ingin meningkatkan taraf kehidupan masyarakat di sekitarnya
Nah yang itu baru deh rada nyambung. Namun apa pengertian cewek matre yang sebenarnya? artinya pendek kok, dan dengan mudah kita tebak jika kita udah tau persis artinya matre. Yaitu cewek yang segala-galanya menuntut dengan uang (berdasarkan kebendaan), simpelnya cewek mata duitan. jika tidak/belum punya uang atau banyak harta? ya mereka cabut. Terus cari yang punya banyak harta dan uang. Seterusnya seperti itu sampai rhoma irama duet dangdut bareng tailor swift.

Nah, bagaimana dalam bahasa inggrisnya? Istilah cewek matre dalam bahasa inggris adalah GOLD DIGGER Kalau diterjemanhkan langsung dalam Bahasa Indonesia jadi penggali emas dan dalam Bahasa Spanyol menjadibuscadora de oro. Namun esensinya juga ketemu yaitu wanita yang penggeretan yang mengeruk emas atau harta teman lelakinya.

Ciri-ciri cewek matre

Ciri cewek matre ini saya sadur dari sumber yang bisa dipercaya, yah karena (Alhamdulillah) pengalaman saya jarang ketemu/dekat sama cewek matre, kecuali sebatas teman (itu juga teman terpaksa).

DIA DATANG SAAT BUTUH

Tipe cewek yg satu ini merupakan cewek yg tidak setia, & hanya ada saat dia membutuhkan sesuatu dari sang cowok, setelah diamendapatkan apa yg telah ia dapat, maka dia akan meninggalkan cowoknya.contohnya : saat si cewek sedang kesepian & membutuhkan teman atau lagi perlu bantuan materi.

MELIHAT KENDARAAN YANG DIPAKAI COWOK

Sudah tidak dapat di pungkiri lagi,sebagian besar cewek matre melirik cowok bukan dari hati & ahlaknya, namun dari kendaraan yg di gunakan oleh si cowok, contohnya mobil mahal atau motor mahal. Hal ini di sebabkan oleh sikap pamer si cewek kepada teman sekomunitasnya. Agar terlihat hebat telah mendapatkan cowok kaya.

DI MATANYA ADANYA CUMA UANG

Asal dapat uang segala cara dilakukan, untuk beli baju baru, ponsel, sepatu dll. Karena dengan uang banyak bisa membuat dia bahagia dan membeli apa yang cewek suka, walaupun harus dengan cara jalan pintas dan cepat morotin kita sebagai cowok.

BOROS

Cewek matre boros itu tidak perlu di tanya lagi. Untuk merawat tubuh yg pasti perlu banyak duit, untuk baju, tas, sepatu dll. Pada dasarnya cewek matre sifatnya boros, nmaun jika cewek kamu boros belum tentu matre. jika uang yg di hampurkan itu bukan dari kamu tapi dari keringat dia sendiri dari hasil kerja tidak apa2bukan hehehe..

MATANYA HIJAU KALAU ADA COWOK KAYA

Bagi cewek matre cowok kaya adalah tempat mencari ladang duit. Di depan cowok kaya akan brsifat manis, manja kadang merayu utk membuat cowok tersebut tertarik dengan dirinya. Terkadang kalau sudah parah, T[dk peduli itu om2 asal berduit mengalir kenapa tidak ? disikat saja...

RAJIN BERDANDAN

Cewek matre bagaikan model, artis ato wanita karier yg selalu merawat tubuhnya. Karena itu adalah modal untuk mencari uang, dengan tubuh yg sexy, aduhai para cowok hidung belang akan tertarik & mendekat. Baju bagus, sepatu bermerek, ponsel keren. Intinya selalu ingin tampil menarik untuk lawan jenis. Tetapi tidak semua cewek yg cantik & penampilan menarik itu cewek matre. Itu perlu di ingat ya heheheh..

TIDAK SETIA

Jika sudah mengenai uang cewek matre itu langsung loncat sana sini bagaikan tupai. Yg jelas tidak akan setia dengan 1 cowok, apa yg bisa mndapatkan uang & kesenangan lebih dari 3 cowok tidak akan membuatnya merasa bersalah. Dsini cewek matre pasti pintar bersandiwara.

MUDAH TERGODA

Kalau ada cowok lebih tajir dari cowok yang sekarang seperti kita, itu membuat cewek matre tidak tahan.Cowok yang sekarang bisa naik motor bila ada cowok lain bisa naik mobil pasti loncat. Itulah cewek matre yang plin-plan.

GENGSI TINGGI

Wah ini tidak salah lagi. Sifat boros pasti dibarengi oleh gengsi yg tinggi. Jika berteman pasti pilih pilih & selalu memiliki standar cowok idaman yg tinggi pula, so pasti kaya. Karena itu adalah sasaran dari cewek matre.

TIDAK SUKA DI BILANG CEWEK MATRE

Bila dibilang cewek matre pasti akan marah, karena merasa tersinggung walaupun sebenernya memang begitu adanya.

TIDAK TAHU MALU

Bila sudah jalan dengan cowok, cewek matre akan brsandiwara atau berperilaku manis & bermain kata-kata supaya dibelikan barang yg dia inginkan, bila dengan kata-kata belum berhasil akan mnggunakan aksi ataupun menggoda nakal.

Jadilah Cewek Realistis

Cewek realistis adalah tipe cewek yang memiliki alasan yang wajar dan masuk akal atas pemikirannya. Cewek realistis itu, nggak semata mementingkan materi, tapi punya pandangan sendiri atas laki-laki. Contoh, bagi cewek realistis, laki-laki itu harus bekerja dan memiliki tabungan untuk bekal kehidupan di masa mendatang. Karena, hidup memang butuh biaya. Bayangin kamu udah menikah tapi nggak punya duit, seketika kamu akan jadi vegetarian yang cuma makan dedaunan.

Sebaliknya, cewek realistis nggak sekedar mencari cowok kaya dan nggak suka menuntut dibelikan ini itu, mereka cenderung memiliki rencana jangka panjang dalam hidupnya. Cowok pengangguran dan nggak punya motivasi untuk lebih baik, bakal dibuang jauh-jauh sama si cewek realistis.






Nah biar kita bisa dapat benang merahnya, ada baiknya kita sangkut pautkan hal ini ke agama, biasanya kalau udah di jelaskan secara agama, jalannya akan menjadi lurus. Yah sebenarnya rada males sih zaman sekarang ngobrol tentang agama, kan rada sensitif tuh, ntar gue diserang deh sama sepasukan anu. tapi yang saya tulis adalah pemikiran dari teman yang sudah mendalami akan hal ini, jadi tidak ada salahnya jika kita buka pikiran tentang cewek matre secara agama. Khususnya agama islam.

Cewek Matre dalam Islam

Cewek matre adalah anak turunan dari kapitalisme. Terus, gimana Islam menyikapinya ya? Gimana pula sebaiknya kita bersikap? Matre yang bermakna materi dan bukan paham, diakui keberadaannya dalam Islam. Uang, harta, perhiasan, dan segala pernik-pernik kemewahan itu digambarkan oleh Allah sebagai bentuk ujian bagi hambaNya untuk menguji mana yang bertakwa or cuma sekadar boleh ngaku. Karena kan banyak tuh yang langsung silau bin lupa daratan ketika ujian berbentuk kemewahan menghampiri. Dia sudah langsung lupa aja bawaannya akan misi dan visinya dalam hidup. Seakan-akan harta dan dunia adalah segalanya.

Beda banget dengan orang bertakwa. Ia sadar bahwa semua materi yang dipunyainya berupa harta dan perhiasan adalah titipan Allah yang tidak kekal. Karena sifatnya yang fana inilah maka satu ketika mereka bisa musnah, hilang tak berbekas bila memang dikehendaki oleh Sang Maha Memiliki. Jadi ia akan menaruh semua benda materi itu di tangannya saja, bukan di hatinya apalagi di pikirannya.

Fungsi materi dalam Islam hanyalah sebagai sarana untuk mencapai tujuan. Dan tujuan akhir seorang muslim adalah ridho Allah saja. Maka materi yang ia punya digunakannya untuk beramal di jalan Allah dengan banyak sedekah dan infaq. Kalo zakat mah emang sudah kewajiban untuk dibayarkan oleh pemilik harta yang mencapai nishab-nya, yakni batas jumlah harta yang bisa dikeluarkan untuk zakat.

cewek matre dalam islam

Meteri yang dipunyai digunakannya untuk ikut membiayai perjuangan di jalan Allah. Kamu tahu Umar bin Khattab? Beliau ini menginfakkan separuh dari hartanya untuk perjuangan di jalan Islam. Tapi ternyata kedermawanan ini masih kalah dengan sosok mulia Abu Bakar ash-Shiddiq yang mengifakkan seluruh hartanya untuk kemenangan dakwah. Wuih bisa nggak yah kita seperti ini?

Jadi ternyata materi itu diakui keberadaannya dalam Islam. Nggak salah kok kalo misalnya kamu pingin kaya dan berharta banyak, selama itu bukan dijadikan tujuan. Bahkan umat Islam kudu kaya dan banyak harta supaya bisa banyak infaq dan shodaqoh demi perjuangan menegakkan kalimat Allah. Tapi ingat bahwa itu semua kudu tetap mengikuti rambu-rambu syariatNya. Oke kan?

Ada nggak sih Cewek matre yang islami?

Di atas tadi sudah ada contoh dari kalangan para cowok yang nggak matre. Para cewek pun nggak mau ketinggalan. Ketika Rasulullah mengumumkan bahwa dakwah membutuhkan dana yang besar, para muslimah dari kalangan shahabiyah langsung mempreteli alias melepaskan semua perhiasan yang ada di tubuhnya. Mereka dengan ikhlas memberikan semuanya untuk dakwah demi kemenangan Islam. Itu karena mereka tahu bahwa nilai perhiasan itu sangatlah kecil bila dibandingkan dengan ganjaran di surga kelak. Dan pastinya ganjaran ridho dan cinta dari Allah akan berlipat-lipat kita dapatkan dong ya.

Kamu tahu seorang wanita mulia bernama Khadijah r.a.? Beliau ini adalah wanita bangsawan yang kaya raya. Tapi tahukan kamu siapa yang dipilihnya sebagai suami? Adalah seorang pemuda miskin bernama Muhammad yang notabene adalah pegawainya. Padahal kalo beliau mau, bisa saja dipilihnya salah satu bangwasan terkaya di jamannya yang juga ingin menikahinya. Tapi ternyata ia memilih seseorang bukan karena harta dan kekayaannya, tapi karena akhlak dan agamanya.
Bahkan umat Islam kudu kaya dan banyak harta supaya bisa banyak infaq dan shodaqoh..
Oya, pernah tahu kan dengan Fatimah az-Zahra putri Rasulullah? Beliau ini menikah dengan Ali bin Abi Thalib yang miskin. Karena miskinnya, sampai-sampai mahar penikahannya adalah sebuah cincin dari besi. Tidak berhenti di sini saja, karena miskinnya tangan Fatimah sampai bengkak-bengkak karena menumbuk gandum dan melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya. Meski putri Rasulullah yang merupakan pemimpin negara, tapi Fatimah hidup sederhana. Subhanallah.

Lalu ada juga wanita mulia bernama Zainab binti Jahsi. Ia menikah dengan mantan budak (maksudnya budak yang telah merdeka) yang hitam legam lagi miskin. Meski awalnya ia menolak karena status kebangsawanan dan kekayaannya, akhirnya ia pasrah apabila memang itu perintah Allah dan rasulNya. Subhanallah sekali kan? Tuh kan, bagai langit dan bumi perbedaan cewek matre dengan sosok-sosok mulia itu.

Apa itu berarti kita tak boleh menikah dengan pemuda kaya? Bukan itu intinya, Non. Sah-sah aja kamu nanti punya suami yang kaya raya. Tapi jangan sampai mengutamakan kekayaan daripada akhlak dan kebagusan agamanya. Memang sih idealnya adalah udah kaya, agama bagus lagi. Hmm cewek mana yang nggak bakal bilang tiiiiiiiiiiitt s e n s o r tuh?

Jangan lupa, Allah Maha Pembolak-balik hati. Ada kalanya seseorang yang awalnya idealis pingin punya suami yang agamanya bagus, berubah pikiran ketika ada pemuda tampan dan kaya naksir dirinya. Waduh, lupa deh dengan kriteria awal yang dipatoknya. Eh, ini bukan berarti kamu nggak boleh punya suami yang kaya dan cakep. Boleh aja kok selama suamimu itu muslim dan akhlaknya baik meski pemahaman agamanya masih biasa. Barangkali memang itulah yang terbaik untuk kamu yang telah diberikan oleh Allah Swt. Tul nggak?

Begitu juga ketika berteman. Awalnya pingin punya teman yang baik agamanya supaya bisa tertulari kebaikan juga. Tapi ketika ada teman tajir tapi agama kurang mendatangi, udah deh langsung lupa dengan tujuan semula. Ini bukan berarti kamu nggak boleh berteman dengan anak tajir loh. Cuma masalahnya kalo temanmu ini tajir tapi ternyata rusak akhlaknya, wah kamu kudu hati-hati deh. Jangan-jangan bukannya mengajak dia insaf malah kamu sendiri yang ikutan rusak. Duh, jangan sampai deh.

Kesimpulan

Jangan sampe deh kamu jadi generasi dengan gelar cewek matre. Nggak ada bagus-bagusnya tuh. Mending kamu jadi generasi dengan gelar cewek sholihah yang cerdas dan taat syariat. Wuih..te o pe be ge te tuh alias top banget. Materi adalah hal kecil dan remeh bagi kita. Ia bukan tujuan tapi sarana aja untuk mencapai ketakwaan.

Bila pun satu ketika nanti Allah mengaruniai kelebihan harta dan kita menjadi cewek tajir bin kaya raya (amin), kita nggak bakal gelap mata. Sebaliknya, kita akan menjadi pemurah terhadap orang tak berpunya dan pemurah pula dalam memberikan kontribusi dana bagi perjuangan dakwah. Toh, semua kekayaan yang bersifat materi itu cuma titipan aja yang bersifat fana alias nggak kekal. Masih ada kok kekayaan lain yang bakal menjadi bagian diri kita selamanya. Apakah itu? Yaitu kekayaan berupa iman, Islam dan ketakwaan. Ketiga hal inilah yang kekal menjadi milik kita dunia akhirat. Insya Allah jika kita ikhlas meraihnya.

So, bagi mereka para cewek matre, segera sadar dan insaf deh. Bukan nyuruh-nyuruh nih, tapi ngajak. Masih bagus tuh daripada disuruh ke laut aje. Iya kalo bisa berenang, kalo nggak kan bakal tenggelam tuh. Bisa berenang pun bakal capek deh di laut seluas itu. Sekarang mending jadi cewek sholihah aja yang cerdas dan taat syariat Islam. Bakal beruntung dunia-akhirat. Akur dong ya. Kudu atuh! Biar kompak. Hehehe..

Berikut video klip (tidak resmi) dari lagu cewek matre (penyanyi: Black Skin at Album Kompilasi Pesta Rap 1). Bagi yang pengen liat video klip aslinya search aja ya di yusub.



REFERENSI ARTIKEL: gaulislam.com, kompasiana.com, facebook.com, youtube.com, viva.co.id

2 comments: