IT Bukan Tukang Ketik dan Betulin Printer

IT tukang ketik printer

Taukah kamu kalau seorang IT bukanlah seorang tukang ketik dokumen-dokumen atau tukang benerin printer. IT itu "Information Technology" yaitu orang bekerja dalam bidang teknologi yang berhubungan dengan pengelolaan Informasi, jadi Informasi yang di Teknologi-kan.

Berikut pengertian IT menurut para ahli yang saya kutip dari situs Wikipedia
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Jika hanya untuk menjadi seorang tukang ketik dokumen-dokumen seperti proposal dan data-data perkantoran misalnya, anda cukup kursus ngetik komputer, udah. Dan ngetik itu siapapun bisa bahkan seorang sekretaris kantor pun kerjaan nya ngetik.

Lalu kerjaan betulin printer itu adalah kerjaan tukang servis, bukanlah kerjaan orang IT. Betulin printer itu banyak dilakukan oleh tukang servis komputer. Nyambung-nyambung kabel juga bukan bidang IT, sukur-sukur dia pernah belajar ilmu itu sama tukang servis, kalo tidak ya wajar, kurikulum IT bukan untuk jadi tukang servis kok.

Saya, bahkan orang di seluruh dunia mungkin pernah mengalami hal seperti ini:
  • Di suruh ngetik Dokumen berlembar-lembar
  • Di suruh ngedit video atau edit foto
  • Di suruh benerin laptop atau nyambung kabel yang rusak
  • dll dll dll
Ketika melamar pekerjaan di suatu instansi swasta maupun pemerintahan, terutama di daerah-daerah. Gagal paham tentang dunia IT ini perlu di luruskan, bahwa IT adalah dunia Teknologi Informasi, bukan tukang ketik atau betulin printer dan nyambung kabel..itu kerjaan seorang sekretaris dan tukang servis.

Cabang IT adalah

Cabang IT itu belajar tentang:
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

    Bidang ini bisa di bilang tempat orang yang belajar perangkat lunak. Area Programmer ada disini
  • Komputer Jaringan (TKJ)

    Ini adalah orang yang belajar tentang jaringan komputer. Mereka belajar tentang jaringan Internet
  • Disain & Multimedia

    Bagi yang mempunyai seni tinggi, anda bisa kuasai bidang ini. Oh iya disain dan multimedia bukan disainer lho, tapi mereka juga belajar programming, user interface dan experience, namun dalam konteks interaksi manusia dan komputer
  • Manajemen Teknologi Informasi

    Ini yang sudah saya bahas pada artikel Mau tau Masa Depan Programmer seperti apa ?. Silahkan baca artikel tersebut.

Sekian WARNING saya tentang IT bukan tukang ngetik dan betulin printer, semoga menambah pemahaman anda tentang bidang IT. dan nggak nyuruh-nyuruh orang IT ngetik Dokumen dsb, yang sebenarnya bisa dilakukan oleh anak kecil sekalipun.


0 comments:

Post a Comment