Cina di Indonesia, Musibah atau Berkah?

cina di indonesia

Cina di indonesia sudah ada sejak zaman dahulu, bahkan katanya nenek moyang ras melayu berasal dari Yunan. Namun yang bermata sipit yang kita lihat sekarang adalah cina yang hijrah ke indonesia pada gelombang kedua (bukan zaman batu). Katanya sih seperti itu. Namun terlepas dari semua cerita dan asal-usul tersebut, saya disini ingin mengemukakan pendapat tentang tema yang tidak ada habisnya ini, yaitu Cina Indonesia.

Ada apa dengan cina di indonesia

Dari apa yang saya lihat, saya baca, diskusi-diskusi, bahkan saya alami sendiri, terdapat beberapa pertanyaan yang ada di dalam otak seperti:
  • Mengapa terjadi sentimen terhadap cina?
  • Mengapa selalu terjadi gesekan-gesekan terhadap cina?
  • Mengapa kota besar merasakan gesekan yang kuat terhadap cina?
  • Mengapa bukan kota singkawang (yang disebut Kota Amoy, Kota Seribu Kelenteng, dll) yang mengalami gesekan?
Benar sekali kata di Film-nya Ernest (Ngenest - 2015) bahwa mereka berbeda. Tapi STOP !! mereka nggak berbeda, mereka sebenarnya sama. Jika orang bilang kenapa rata-rata cina bisa kaya? pasti semua setuju dengan jawaban "KARENA MEREKA KERJA KERAS". Dan taukah kamu:
WNI juga pekerja keras!! di kota-kota besar, warga pribumi bahkan bisa di bilang bekerja jauh lebih keras daripada orang cina. tapi kenapa justru mereka (cina) yang jadi cukong-cukong nya? yang jadi boss pengendali pribumi? bahkan jadi konglomerat yang menguasai lebih dari 50% uang milik Indonesia
Apakah warga pribumi kurang cerdas? no, warga pribumi jauh lebih banyak yang cerdas.

Dua Faktor cina lebih unggul daripada Pribumi

Jika kita mau meluangkan sejenak waktu untuk memikirkan lalu menelaah mengapa cina lebih unggul daripada pribumi? ternyata ada 2 faktor penyebab ini terjadi. dan dua faktor ini juga yang mengakibatkan "GESEKAN-GESEKAN YANG TERJADI TERHADAP CINA DI INDONESIA" yaitu:
Apa bedanya orang cina dengan orang padang? orang jawa? orang batak? orang madura? Semua orang indonesia itu pekerja keras. Tapi yang membedakan adalah PELUANG! karena di indonesia peluang dapat dibeli..
  1. Budaya
    Budaya kaum minoritas adalah saling bantu-membantu (Kompak) ketika mereka berada di tanah perantauan. Dari suku apapun itu. Cina adalah kaum minoritas di Indonesia dan mereka saling bekerja-sama bantu membantu dalam ber-usaha.
    • Kelebihannya: sukses akan lebih mudah jika kita bekerja di dalam tim. Kita dapat memetik pelajaran berharga dari team-work ini.
    • Kekurangannya: mereka hanya membantu sesama cina, dan mulai membentuk koloni dengan tujuan menciptakan satu kekuatan besar yang tidak dapat di kalahkan oleh siapapun, sekalipun penduduk asli di indonesia.
  2. Budaya kedua yaitu karena pada zaman orde baru, cina hanya boleh ber-usaha. Mereka tidak boleh duduk di pemerintahan. Jadi untuk dapat makan ya mereka harus jadi pengusaha. (it's not bad for a motivation, and i agree for this)
  3. Budaya ketiga yaitu surga mereka di dunia. Ini belum saya teliti lho, jadi belum tentu kebenarannya. Mohon jangan di telan mentah-mentah. So, kalau surganya di dunia, buat apa hidup kalo nggak menikmati surga.
  4. Peluang
    Inilah statemen yang PALING PENTING dan menjadi pondasi dasar dari semua gesekan yang terjadi. Bahwa segalanya berawal dari peluang. Apa bedanya orang cina dengan orang padang? orang jawa? orang batak? orang madura? Semua orang indonesia itu pekerja keras. Tapi yang membedakan adalah PELUANG! karena di indonesia peluang dapat dibeli. Dan orang cina telah melakukan ini dari dulu.

    Mereka juga bekerja keras, namun mereka membeli peluang yang ada. Dengan dana patungan hasil kekompakan mereka, peluang mereka beli demi untuk membangun sebuah koloni. Ketika si A sukses, maka si A harus membantu si B untuk bisa menjadi sukses. Si B sukses dan siap untuk membantu si C menjadi sukses. semua dana hasil patungan "Koloni" tersebut digunakan untuk membantu si D, si E, hingga si Z yang baru saja datang dari negara RRC. "Pemerintah? sogok aja. Paling mereka yang nantinya terjerat kasus korupsi, bukan kita.."
Dari hasil analisa diatas, wajar jika muncul statemen bahwa: Musuh utama indonesia sebenarnya bukan kaum kapitalis dari amerika atau negara adidaya manapun, musuh utama yaitu cina! ya, kita telah dan akan terus dijajah oleh orang cina.

Orang indonesia terkaya

Berikut merupakan daftar Orang Indonesia terkaya menurut majalah Forbes hasil pendataan tahun 2016.

Photo Rank Name Net Worth Age Origin of Wealth
R. Budi & Michael Hartono #1 R. Budi & Michael Hartono $17.1 B 67 Djarum
Susilo Wonowidjojo #2 Susilo Wonowidjojo $7.1 B 61 tobacco
Anthoni Salim #3 Anthoni Salim $5.7 B 68 diversified
Eka Tjipta Widjaja #4 Eka Tjipta Widjaja $5.6 B 93 palm oil
Sri Prakash Lohia #5 Sri Prakash Lohia $5 B 64 polyester
Chairul Tanjung #6 Chairul Tanjung $4.9 B 54 diversified
Boenjamin Setiawan #7 Boenjamin Setiawan $3.3 B 83 pharma
Tahir #8 Tahir $3.1 B 65 diversified
Murdaya Poo #9 Murdaya Poo $2.1 B 76 diversified
Mochtar Riady #10 Mochtar Riady $1.9 B 87 diversified

Singkawang calon singapore-nya indonesia

Jangan percaya dengan kata-kata "Singkawang calon singapore-nya indonesia", ini hanyalah hasil analisis pribadi saya, karena saya orang singkawang asli. Jadi tolong jangan menyebar informasi ini, yang hanya akan menjadi Hoax. Anda harus mempunyai pikiran terbuka untuk dapat berkomentar tentang hal ini, agar tidak terjadi perselisihan.
Sekilas akan bangga mendengar bahwa kota singkawang akan dijadikan target role model kota paling maju se-Asia Tenggara. Tapi taukah anda kenyataan di balik semua itu? yang pernah ke negara singapore dan memperhatikan mulai dari sejarah, budaya, hingga pemerintahan-nya sekarang. Bahwa singapore yang dulunya negara orang melayu, sekarang berubah menjadi negaranya orang cina. Para pejabat/petinggi negaranya tidak boleh selain orang cina. Bahkan suara adzan pun tidak boleh dikumandangkan melalui pembesar suara (toa), jadi untuk tau adzan ya dengerin lewat radio :D Tidak percaya? silahkan googling, atau datang sendiri.

trump indonesia

Pelajaran yg dapat dipetik

Artikel cina indonesia ini sama sekali tidak bermaksud untuk SARA atau memojokkan satu suku atau bangsa apapun, namun sebaliknya agar kita dapat memetik pelajaran yang bisa kita ambil dari contoh dan pemaparan diatas. Sejujurnya untuk di daerah, khususnya di daerah saya..orang cina disini baik-baik, dan saling menghormati. Kita hidup rukun dan damai, walaupun masih terasa sedikit kesan GAP, karena mungkin itu adalah pesan dari nenek moyang mereka bahwa bangsa mereka harus lebih tinggi. Tetapi sekali lagi mereka dapat membantu roda perekonomian, walaupun masih tidak banyak yang mau diajak bareng. Dan persatuan harus tetap dijaga, karena mereka juga lahir di indonesia. Secara hati nurani bahwa mereka juga layak hidup di tanah kelahirannya, indonesia.

cina indonesia
Menteri Keuangan Sri Mulyani berbincang dengan para konglomerat Indonesia
Untuk yang cina disarankan menjaga persatuan tanpa memandang suku dan agama, jangan curang dalam berbisnis, dan sekali lagi bahwa anda orang indonesia, bukan orang China (RRC), tidak ada derajat yang lebih tinggi selain tuhan YME. Untuk orang pribumi, silahkan mengambil makna dari artikel ini yaitu:
  1. Kompak
    Kalau kaya, jangan kaya sendiri. Ajak orang terdekat untuk ikut menjadi kaya. Saling bantu membantu dan jangan menjelek-jelekkan antar sesama saudara, suku, agama, dan bangsa.
  2. Terima Sogokan
    Untuk para penguasa jangan mau terima uang sogokan dari penguasa-penguasa uang di Indonesia. Selalu ingat bahwa anak anda akan rusak karena makan "uang hasil korupsi". Tidak ada diskon bagi koruptor. Dan saya berdo'a semoga kalian yang terima uang hasil sogokan (dari orang cina, dsb) keluarga kalian akan berantakan. Anak kalian akan narkoba atau jadi pelacur, dan seluruh keturunan kalian akan mati mengenaskan. Amin
  3. Isi sendiri
    Silahkan isi sendiri di halaman komentar

Pesan Terakhir

JAGA PERSATUAN DAN KESATUAN DI TANAH REPUBLIK INDONESIA YANG KITA CINTAI. Lebih bijak menanggapi masalah, jangan main otot karena itu kuno. Jangan juga memupuk dendam, karena itu bukan ciri orang ber-agama. Kalau ada cina yang salah, tegurlah secara langsung. Kalau masih juga berbuat salah, ikutilah cara mereka, tapi cara yang halal. Yang nggak halal artinya itu cina yang nggak baik. Pasti keturunannya akan mengalami hal yang sama seperti do'a terhadap koruptor di atas.

Sebagai penutup, yuk kita nonton video yang cukup menyentuh di bawah ini. Di unggah oleh teman kita di channel CameoProject yang berjudul KAMI INDONESIA


0 comments:

Post a Comment