Komunitas Blogger Singkawang

komunitas blogger singkawang

Komunitas Blogger Singkawang - Singkawang adalah sebuah kota kecil berkembang dengan jumlah penduduk kurang dari setengah juta jiwa yang mengalami perkembangan signifikan pada bidang teknologi informasi khususnya Blogging. Contoh sederhana yaitu begitu akrabnya di telinga warga singkawang dengan kata "Singkawang Informasi", dua suku kata yang melambangkan bahwa kota singkawang mulai memasuki Transformasi Teknologi Informasi.

Perkembangan Blogger Singkawang

Hampir setengah dari partisipan yang bertanya dan ditanya tentang blogger, ternyata mempunyai jawaban yang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Dimana hampir dari 3/4 belum mengenal istilah blogger dan apa saja kegiatan yang dilakukan oleh seorang Blogger. Mungkin beberapa dari teman yang membaca artikel ini juga belum mengetahui pemahaman mendalam tentang blogger. Baiklah disini saya dengan pengetahuan seadanya akan coba menjabarkan terlebih dahulu tentang apa itu blogger, dan Kenapa harus ada sebuah komunitas yang menamakan dirinya blogger di kota singkawang?

Pemahaman tentang Blogger

Berasal dari kata Blog yaitu kependekan dari Web Log. Blog adalah jenis dari aplikasi berbasis web yang menampilkan catatan dari aktivitas yang ditampung dalam sebuah web server, istilah ini sering dikenal dengan server log. Di kutip dari halaman lifewire, bahwa blog adalah:
A blog (also called a weblog or web log) is a website consisting of entries (also called posts) appearing in reverse chronological order with the most recent entry appearing first (similar in format to a daily journal).
Dari situlah kata Blog diambil. yang menurut definisi dan yang saya alami selama bergelut disini bahwa Blog adalah sarana untuk menulis secara online, dimana secara pengguna biasanya berasal dari kalangan masyarakat biasa yang menulis hal-hal yang bersifat pribadi hanya sekedar untuk meluapkan perasaan nya melalui catatan-catatan digital pada sebuah halaman web. Seorang blogger biasanya sudah pasti seorang yang suka menulis dan orang yang dengan senang hati berbagi informasi atas apa yang ditulisnya.

Perkembangan akan kebutuhan data pada dunia online terus meningkat, yang pada akhirnya sebuah perusahaan layanan publikasi blog yaitu Pyra Labs menciptakan sebuah platform untuk nge-blog yang mereka sebut blogger. Istilah blogger terus mengalami perluasan makna yaitu merupakan orang/pelaku yang melakukan aktivitas nge-blog (blogging).

Mengulas Blogger Singkawang

Saya masih ingat sekitar 10 tahunan yang lalu di kota singkawang dimana pada saat itu anak muda singkawang sangat menggandrungi sosial media yang sangat nge-hits pada waktu itu yaitu friendster. Dan warnet masih menjadi tempat ter-favorit pada waktu itu. Namun saya mendengar ada satu informasi yang tak kalah pentingnya dari sosial media friendster yaitu sosial media berjenis blog. Pada waktu itu saya mencoba dari perusahaan blog yang orang kenal yaitu blogspot/blogger. Dari situlah segala informasi mulai di tulis satu persatu, bahkan hingga informasi yang sangat susah ditemukan pada waktu itu, seperti trend singkawang. Blogwalking adalah pekerjaan yang sangat menghabiskan waktu jika kita berkunjung ke blog teman sesama warga singkawang.

Segalanya mulai terlihat jelas pada tahun 2012 dimana ketika melakukan browsing dengan keyword singkawang, muncullah satu-persatu blog anak singkawang yang mengulas tentang pariwisata singkawang. Namun belum banyak terlihat blogger singkawang yang benar-benar serius melakukan kegiatan blogging. Sempat terpikir ingin men-sosialisasikan kegiatan blogging lebih gencar lagi melalui suatu komunitas yang isinya adalah para blogger, agar kegiatan blogging di kota singkawang semakin digemari.

Sejarah Komunitas Blogger Singkawang

Karena mungkin dasar dari seorang blogger sejati pada zaman dulu adalah orang yang terlihat hidup hanya di depan layar komputer maka tidak ada satupun yang ingin keluar dari zona nyaman di belakang layar tersebut dan tampil sebagai fasilitator untuk mengembangkan kegiatan blogging lebih serius lagi sehingga di kenal di muka publik khususnya masyarakat kota singkawang.

blogger singkawang

Berawal dari kesamaan hobi, kami berkumpul dan ingin mengkampanyekan kegiatan blogging di muka publik dengan membentuk Komunitas Blogger Singkawang. Yang sudah pasti di dalamnya terdapat susunan agenda-agenda positif untuk mendukung aliran informasi yang ada di kota singkawang, baik itu informasi pariwisata, maupun informasi umum agar dapat dengan mudah di konsumsi baik oleh warga setempat maupun diluar kota singkawang. Dengan bermodal tekad untuk menjadi salah satu aktor pelaksana penyebaran informasi positif yang berhubungan dengan kota singkawang, maka Komunitas Blogger Singkawang hingga saat ini terus semangat untuk berkarya.

Penutup

Sebagai penutup saya informasikan kabar gembira bahwa mulai hari ini Komunitas Blogger Singkawang membuka pendaftaran member baru yang ingin turut serta berpartisipasi dalam membantu pemerintah daerah, masyarakat setempat, maupun diluar kota singkawang untuk menyebarkan informasi melalui tulisan-tulisan dan media digital seperti photo ataupun video. Untuk informasi lebih lanjut bisa bertanya ke alamat email bloggersingkawang@gmail.com atau pada komentar di bawah ini. atau bisa melalui alamat sosial media kami yaitu:
  • INSTAGRAM: @bloggersingkawang
  • FACEBOOK: bloggersingkawang


0 comments:

Post a Comment